Just another WordPress.com site

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran SMA
Struktur Atom

 

Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 1
Mata Pelajaran            : Kimia
Kelas/Semester            : Kelas X/Semester 1
Materi Pembelajaran   : Perkembangan teori atom mulai dari Dalton samapai teori Atom                                          Modern
Alokasi Waktu            : 25 menit

 

Standar Kompetensi

Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia

 

Kompetensi Dasar

1.1. Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron.

 

Indikator

  • Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan fakta eksperimen
    • Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton.

 

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, diharapkan peserta didik dapat :

  • Menyatakan pengertian atom sebagai unit pembangun materi (teori atom dalton).
  • Menyatakan dasar teori dari teori atom Dalton, Thomson, Rutherford, Niels Bohr dan mekanika kuantum.
  • Menyatakan kelemahan teori atom Dalton, Thomson, Rutherford, dan Niels Bohr.

 

Materi pembelajaran

 

URAIAN MATERI:

 

Atom adalah bagian terkecil dari suatu zat / unsur yang tidak dapat dibagi-bagi lagiu dengan cara reaksi kimia biasa. Atom terdiri atas inti atom bermuatan positif (tersusun oleh proton dan neutron), dengan electron sebagai awan yang mengelilingi. Atom berasal dari bahasa Yunani atomos (a=tidak, tomos=terbagi). Jadi atom adalah bagian terkecil dari suatu materi yang sudah tidak dapat dibagi-bagi lagi.

 

Dunia sekitar kita terdiri dari berbagai jenis materi. Materi tersebut dapat mengalami perubahan. Pada umumnya kita tidak terlalu menghiraukan perubahan yang terjadi. Beberapa orang mempunyai rasa ingin tahu dalam diri meraka, namun demikian muncullah beberapa pertanyaan dalam diri mereka. Terbentuk dari apakah materi? Para pemikir masa lalu menduga bahwa materi terbentuk dari suatu bahan dasar. Demokkritus (460-370 SM) mengemukakan bahwa materi terbentuk dari partikel yang sudah tidak terbagi. Namun filsuf lain mempunyai pendapat berbeda. Plato dan Aristoteles berpendapat bahwa tidak ada yang tidak terbagi. Karena Aristoteles adalah orang yang sangat berpengarauh pada masa itu sehingga teori tentang atom ini memudar.

 

Macam-macam Model Atom:

1. Model Atom John Dalton

Pada tahun 1808, John Dalton yang merupakan seorang guru di Inggris, melakukan perenungan tentang atom. Hasil perenungan Dalton menyempurnakan teori atom Democritus. Bayangan Dalton dan Democritus adalah bahwa atom berbentuk pejal. Dalam renungannya Dalton mengemukakan postulatnya tentang atom:

  1. Setiap unsur terdiri dari partikel yang sangat kecil yang dinamakan dengan atom
  2. Atom dari unsur yang sama memiliiki sifat yang sama
  3. Atom dari unsur berbeda memiliki sifat yang berbeda pula
  4. Atom dari suatu unsur tidak dapat diubah menjadi atom unsur lain dengan reaksi kimia, atom tidak dapat dimusnahkan dan atom juga tidak dapat dihancurkan
  5. Atom-atom dapat bergabung membentuk gabungan atom yang disebut molekul
  6. Dalam senyawa, perbandingan massa masing-masing unsur adalah tetap

Teori atom Dalton mulai membangkitkan minat terhadap penelitian mengenai model atom. Namun, teori atom Dalton memiliki kekurangan, yaitu tidak dapat menerangkan suatu larutan dapat menghantarkan arus listrik. Bagaimana mungkin bola pejal dapat menghantarkan arus listrik padahal listrik adalah elektron yang bergerak. Berarti ada partikel lain yang dapat menghantarkan arus listrik.

 

2. Model Atom J.J. Thomson

Teori atom didasarkan atas eksperimennya yang berdasarkan atas eksperimennya yang berhasil menemukan electron. Thomson merasa perlu membuat teori atom yang dikemukakan oleh Dalton tidak mencantukan muatan listrik.

Menurut Thomson, atom harus mendukung elektron. Karena atom bersifat netral maka dalam atom  harus mengandung muatan positif dan negative dalam jumlah yang sama. Oleh karena itu, menurut teori atom Thomsom, atom terdiri atas meteri bermuatan positif yang didalamnya tersebar electron seperti roti kismis.

Teori atom Thomson tidak dapat bertahan lama. Hal itu disebabkan teori atom Thomson tidak menjelaskan adanya inti atom. Inti atom ditemukan oleh Rutherford.

 

Kelemahan model atom Thomson

Model Thomson ini tidak dapat menjelaskan susunan muatan positif dan negatif dalam bola atom tersebut.

 

 

3. Model Atom Rutherford

Model atom Rutherford

 

Rutherford melakukan penelitian tentang hamburan sinar α pada lempeng emas. Hasil pengamatan tersebut dikembangkan dalam hipotesis model atom Rutherford.

a.       Sebagian besar dari atom merupakan permukaan kosong.

b.      Atom memiliki inti atom bermuatan positif yang merupakan pusat massa atom.

c.       Elektron bergerak mengelilingi inti dengan kecepatan yang sangat tinggi.
Kelemahan Model Atom Rutherford

a.       Menurut hukum fisika klasik, elektron yang bergerak mengelilingi inti memancarkan energi dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Akibatnya, lama-kelamaan elektron itu akan kehabisan energi dan akhirnya menempel pada inti.

b.      Model atom rutherford ini belum mampu menjelaskan dimana letak elektron dan cara rotasinya terhadap ini atom.

c.       Elektron memancarkan energi ketika bergerak, sehingga energi atom menjadi tidak stabil.

 

4. Model Atom Niels Bohr

Model Atom Niels Bohr

 

Pada tahun 1913, Niels Bohr mengemukakan pendapatnya bahwa elektron bergerak mengelilingi inti atom pada lintasan-lintasan tertentu yang disebut kulit atom. Model atom Bohr merupakan penyempurnaan dari model atom Rutherford.
Kelebihan teori atom Rutherford diperbaiki oleh Neils Bohr dengan postulat bohr :

a.       Elektron-elektron yang mengelilingi inti mempunyai lintasan dan energi tertentu.

b.      Dalam orbital tertentu, energi elektron adalah tetap. Elektron akan menyerap energi jika berpindah ke orbit yang lebih luar dan akan membebaskan energi jika berpindah ke orbit yang lebih dalam

 

Kelebihan model atom Bohr

atom terdiri dari beberapa kulit untuk tempat berpindahnya elektron.
Kelemahan model atom Bohr

a.       Tidak dapat menerangkan kejadian-kejadian dalam ikatan kimia dengan baik, pengaruh medan magnet terhadap atom-atom, dan spektrum atom yang berelektron lebih banyak.

 

5.  MEKANIKA KUANTUM

Penmuan Warner Heisenberg tentang daulisme materi dan energi menunjukan bahwa model atom bohr tidak tepat lagi. Bersama-sama Erwin Schrodinger, Heisenberg mengajukan model atom yang lebih dikenal dengan model atom mekanika gelombang atau model atom modern.

Modela atom mekanika kuantum:

  • Gerakan materi adalah suatu ggerakan gelombang, maka electron yang merupakan materi juga merupakaan gelombang
  • Electron menempati jarak-jarak tertentu dari inti atom.

Menurut model atom modern, electron berbeda yang disebut orbital. Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa model atom selalu mengalami perkembangan teknologi, serta alat-alat bantu yang semakin canggih. Perburuan misteri atom sampai sekarang masih berlanjut, bahkan sampai saat ini semakin banyak partikel-partikel penyusun atom yang ditemukan, misalnya meson, quark, dll oleh para ilmuwan dari jepang, amerika, Indonesia dan Negara maju lainnya.

 

 

Model dan Metode

Model Pembelajaran    : Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)

Metode Pembelajaran  :

  • Ceramah
  • Pemberian tugas

 

Kegiatan Pembelajaran

Langkah-langkah Pembelajaran        :

A. Kegiatan Awal

No

Kegiatan pembelajran

karakter

waktu

1

Kegiatan awal

5 menit

 
  1. Mengucapkan salam, dan bersama-sama siswa membaca basmalah untuk memulai pelajaran.
  2. Kegiatan mengabsensi siswa.
    1. Memberi contoh tentang tepung “pernah kalian meliahat ibu kalian membuata kue, bagaimana ukurang tepung tersebut?  Sangat kecil bukan? Nah, ternyata ada yang lebih kecil lagi yaitu atom
    2. Menginformasikan tujuan pembelajaran.
    3. Memberikan motivasi

Motivasi

Apa yang kalian ketahui tentang atom?

 

Apersepsi

Menjelaskan pengertian atom dan teori atom menurut Demokritus

 

  1. 1.     Menumbuhkan nilai religious dalam diri siswa

 

 

  1. 2.     Menumbuhkan nilai komunikatif
  2. 3.     Mumbuhkan rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

 

 

  1. Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif

 

  1. Rasa ingin tahu, Komunikatif

 

 
2 Kegiatan inti   15 menit
  Eksplorasi

  1. Guru menjelaskan tentang teori-teori atom (Dalton, J.J Thomson, Rutherford, Neils Bohr, Mekanika kuantum

Elaborasi

  1. Guru bertanya kepada siswa tentang apa yang telah dijelaskan yang bersifat tanya jawab (memberikan review) / pemberian soal

 

Konfirmasi

1. Siswa menanggapi unsur instrinsik dan hal menarik yang disampaikan oleh temannya.

 

 

Rasa ingin tahu, Komunikatif

 

 

 

 

 

Jujur, rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi

 

 

 

 

 

 

rasa ingin tahu, Menghargai prestasi

 
3 penutup   5 menit
 
  1. Siswa menyimpulkan materi pembelajaran hari ini.

 

  1. Guru memberikan evaluasi kepada siswa mengenai materi yang telah dipelajari pada hari ini.
  2. Guru Memberikan tugas.

 

 

 

  1. Guru Menutup pembelajaran dengan membaca hamdallah.

Mengucap salam.

  1. 1.         Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,

 

  1. 2.         Tanggung jawab, Jujur dan kerja keras

 

 

  1. 3.   Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab

 

  1. 4.   Nilai religius

 

 

Sumber, Bahan, Alat Pembelajaran

  1. Sumber belajar        :
  • Buku Sains Kimia X ( Purba michael. 2007. KIMIA SMA KELAS X. Erlangga; Jakarta)
  • Buku Kimia SMA (Sutresna, Nana dan Wahyuni. 1999. KIMIA 1. Ganeca Exact)
  1. Alat Pembelajaran  : White board, LCD

Penilaian:

Penilaian proses dilakukan terhadap performansi siwa selama proses pembelajaran berlangsung.

Pengetahuan

Tekhnik            : Tes tertulis

Bentuk Tes      : Uraian

 

Soal:

 

1. Definisi teori atom menurut Dalton, Thomson, Rutherford, Neills bohr dan mekanika kuantum

2. Gambarkan Model atom dari kelima teori tersebut

 

Jawaban:

1. Definisi teori atom menurut:

  1. Menurut Dalton

Ø   Atom merupakan bagian terkecil dari materi yang sudah tidak dapat dibagi lagi

Ø   Atom digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil, suatu unsur memiliki atom-atom yang identik dan berbeda untuk unsur yang berbeda

Ø   Atom-atom bergabung membentuk senyawa dengan perbandingan bilangan bulat dan sederhana. Misalnya air terdiri atom-atom hidrogen dan atom-atom oksigen

Ø   Reaksi kimia merupakan pemisahan atau penggabungan atau penyusunan kembali dari atom-atom, sehingga atom tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan.

 

  1. Menurut Thomson

“Atom merupakan bola pejal yang bermuatan positif dan didalamya tersebar muatan negatif elektron”

 

  1. Rutherford

Atom terdiri dari inti atom yang sangat kecil dan bermuatan positif, dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif.

 

  1. Neils bohr
  • Elektron mengitari inti atom pada tingkat tertentu berbentuk lingkaran. Lintasan elektron disebut kulit atom, yaitu kulit K, L, M, N, dst. Kulit K tingkat energi elektronnya paling rendah. Semakin jauh dari inti, tingkat energinya bertambah.
  • Elektron dapat berpindah dari lintasan 1 ke lintasan lainnya bila terjadi perubahan energi. Perpindahan elektron ke kulit yang lebih luar disertai penyerapan energi, sebaliknya, perpindahan elektron ke kulit yang lebih dalam disertai pelepasan energi.

 

  1. Mekanika Kuantum
  • Elektron sebagai partikel dan gelombang
  • Elektron dalam atom menempati jarak tertentu dari inti atom

2. Gambaran:

  1. Menurut Dalton

 

  1. Menurut Thomson

 

  1. Rutherford

 

  1. Neils bohr

 

  1. Mekanika Kuantum

 

 

Pedoman penilaian:

 

no Aspek penilaian skor Perolehan
1 Ketepatan mendifinisikan

a. tepat

b. kurang tepat

c. tidak tepat

 

50

25

0

 
2 Ketepatan dalam menggambarkan

a. tepat

b. kurang tepat

c. tidak tepat

 

50

25

0

 

 

Perhitungan nilai akhir dalam 0-100 adalah sebagai berikut:

Nilai akhir = perolehan skor x 100

                    Skor  Maksimum (25)

 

 

 

Mengetahai :

Guru Mata Pelajaran kimia


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

dont forget to comment

my music

Way Back Into Love – Hugh Grant Song Lyrics

%d blogger menyukai ini: